AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

Oleh CGP: Predi Arif Nugroho. S.Pd

Program Guru Penggerak Angkatan 4

SMK Bhinneka Karya

Kota Surakarta

 “Keyakinan Kelas Pembelajaran CAM yang disiplin dan menyenangkan”

LATAR BELAKANG

Budaya positif adalah kayakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam menuju sebuah tujuan bersama. Disiplin sendiri sering diartikan menjadi sebuah proses mentaati aturan untuk menghindari hukuman yang berlaku. Padahal Arti disiplin yang sebenarnya adalah mengatur diri sendiri untuk mentaati aturan karena menjunjung tinggi nilai dalam diri sendiri. Dimasa pandemic yang membuat sekolah melakukan proses pembelajaran jarak jauh sangat mempengaruhi proses disiplin yang ada disekolah. Sehingga budaya yag sudah dilakukan selama PJJ 2 tahun terakhir terbawa pada proses pembelajaran disekolah. Oleh karena itu calon guru penggerak ingin menerapkan budaya positif disiplin dan menyenangkan dalam pembelajran. Khususnya pada ata pelajaran MasterCAM. Dalam hal ini calon guru penggerak melakukan aksi nyata melalui proses keyakinan kelas yang disepakai oleh murid dan guru beserta seluruh warga sekolah.

TUJUAN AKSI NYATA

Adapun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:

  1. Melatih kedisiplinan, tanggung jawab dan pembiasaan siswa dan guru untuk senantiasa melakukan budaya positif dalam mengikuti pelajaran.
  2. Membuat siswa merasa nyaman dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan

PENERAPAN AKSI NYATA

Calon guru penggerak membuat keyakinan kelas yang dilaksanakan saat pertemuan tatap muka semester genap pada bula Januari 2022 yang dilaksakan menggunakan metode luring, kemudian calon guru penggerak mengambil satu poin kesepakatan yang dapat dilakukan saat ini adalah penerapan disiplin diri di kelas dan sekolah. Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

  1. Meminta izin dan dukungan kepada Kepala Sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan
  2. Mensosialisasikan kepada rekan guru dan siswa tentang kegiatan aksi nyata
  3. Membimbing siswa dalam penerapan aksi nyata
  4. Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan budaya positif sekolah
  5. Mengevaluasi Kegiatan Aksi Nyata yang teah dilakukan
  6. Memperbaiki kelemahan kelemahan dalam penerapan aksi nyata di kelas maupun di sekolah

INDIKATOR KEBERHASILAN KEBERHASILAN

  1. Siswa lebih disiplin dalam melaksanakan keyakinan kelas yang sudah disepakati.
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih hidup dan menyenangkan bagi siswa.
  3. Proses Pembelajaran lebih berpihak kepada siswa

RENCANA TINDAK LANJUT

Mengimbaskan disiplin positif pada seluruh keluarga besar SMK Bhinneka Karya Surakarta, dan membiasakan selalu komunikasi dua arah baik dengan Kepala Sekolah, Reka Sejawat maupun peserta didik. Pembiasaan meminta umpan balik arah baik dengan Kepala Sekolah, Reka Sejawat maupun peserta didik untuk baha refleksi dan evaluasi ketercapaian aksi nyata yang dilakukan dan perbaikan kedepanya.

DOKUMENTASI  AKSI NYATA

1. Berkoordinasi dengan kepala sekolah dan meminta izin melakukan aksi nyata

Berkoordinasi dengan kepala sekolah dan meminta izin melakukan aksi nyata

Sosialisasi Budaya Positif ke Warga SMK Bhinneka Karya Surakarta

Memberikan Sosialisasi Program Guru Penggerak
Berinteraksi dan berkolaborasi dengan peseta Sosialisasi Budaya Positif
Berkolaborasi dengan CGP lain dalam satu sekolah

Membuat keyakinan kelas XI MB

Menempelkan Keyakinan kelas yang dibuat masing masing siswa
Perwakilan siswa menyepakati keyakinan kelas yang dibuat bersama

3. Menerapkan Disiplin diri dengan Penguatan Pendidikan Karakter

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebelum memulai pelajaran

4. CGP Melakukan pembelajaran secara menyenangkan

Memberikan Pelajaran dengan cara yang menyenangkan

5. Budaya Positif Antri,

Siswa Antri dalam cek Suhu sebelum masuk ke sekolah

6. Budaya Positif Prokes

7. Budaya Positif Restitusi

Melakukan Restitusi kepada Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.