Oleh CGP: Riyanto Sugeng Widodo. S.Pd
Program Guru Penggerak Angkatan 4
SMK Bhinneka Karya
Kota Surakarta
“Keyakinan Kelas Pembelajaran Matematika dan Teknik Pemesinan Bubut yang mudah dan menyenangkan”
LATAR BELAKANG
Kebiasaan anak selama proses Pendidikan yang menuntut anak harus belajar jarak jauh menjadikan salah satu kendala untuk interaksi langsung dan kendalan penumbuhan budaya positif yang akan membentuk karakter siswa. Budaya positif adalah kayakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam menuju sebuah tujuan bersama. Disiplin sendiri sering diartikan menjadi sebuah proses mentaati aturan untuk menghindari hukuman yang berlaku. Padahal Arti disiplin yang sebenarnya adalah mengatur diri sendiri untuk mentaati aturan karena menjunjung tinggi nilai dalam diri sendiriSalah satu tugas guru penggerak adalah menerapkan budaya positif disiplin dan menyenangkan dalam pembelajran. Khususnya pada mata pelajaran Matematika dan Teknik Pemesinan Bubut. Dalam hal ini calon guru penggerak melakukan aksi nyata melalui proses keyakinan kelas yang disepakai oleh murid dan guru beserta seluruh warga sekolah. Karakter siswa akan terbentuk jika seluruh warga sekolah baik Guru, karyawan maupun siswa semua berperan untuk memberikan saling contoh dan Bersama sama memmbangun budaya positif.
TUJUAN AKSI NYATA
Adapun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:
- Menumbuhkan budaya positif di sekolah
- Membentuk karakter siswa di sekolah
PENERAPAN AKSI NYATA
Calon guru penggerak membuat keyakinan kelas yang dilaksanakan saat pertemuan tatap muka bulan Januari 2022 yang dilaksakan menggunakan metode luring, kemudian calon guru penggerak mengambil satu poin kesepakatan yang dapat dilakukan saat ini adalah penerapan disiplin diri di kelas dan sekolah. Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :
- Meminta izin dan dukungan kepada Kepala Sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan
- Mensosialisasikan kepada rekan guru dan siswa tentang kegiatan aksi nyata
- Membimbing siswa dalam penerapan aksi nyata
- Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan budaya positif sekolah
- Mengevaluasi Kegiatan Aksi Nyata yang teah dilakukan
- Memperbaiki kelemahan kelemahan dalam penerapan aksi nyata di kelas maupun di sekolah
INDIKATOR KEBERHASILAN KEBERHASILAN
- Terwujudnya budaya positif di sekolah
- Terwujudnya karakter siswa di lingkungan sekolah
RENCANA TINDAK LANJUT
Mensosialisasikan dan mengimbaskan budaya positif sekolah kepada seluruh warga SMK Bhinneka Karya Surakarta, dan membiasakan selalu komunikasi dua arah baik dengan Kepala Sekolah, Reka Sejawat maupun peserta didik. Melakukan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dengan meminta masukan dan saran atau umpan balik dari warga sekolah, baik guru, karyawan dan siswa untuk meningkatkan kinerja dan mengukur ketercapaian program kerja.
DOKUMENTASI AKSI NYATA

Berkoordinasi dengan kepala sekolah melaksanaka Aksi Nyata


Membuat Kesepakatan / keyakinan kelas
Melaksanakan Pembelajaran yang berpihak pada anak dan menebalkan bakat yang dimiliki anak dengan pembelajaran yang menyenangkan


Melakukan restitusi pada anak sesuai kesepakatan kelas

Sosialisasi Paradigma Pendidikan Menurut KHD dan Penumbuhan Budaya Positif Sekolah ke Seluruh Warga Sekolah


Penumbuhan Budaya Positif Antri


Penumbuhan Budaya Positif Kehadiran Pembelajaran yang tepat waktu

Penumbuhan Budaya Positif Prokes


Penumbuhan Budaya Positif Disiplin Guru dan Karyawan Sekolah

Berkolaborasi Dengan Teman Sejawat dan Sesama CGP

Berkolaborasi dengan Pimpinan dan Dinas
