TEKNIK PEMESINAN

SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA

Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Bhinneka Karya Surakarta merupakan jurusan yang melaksanakan Standar Operasional Prosedur Manajemen Pendidikan. Maka dari itu Program Keahlian Teknik Pemesinan membekali peserta didik dengan ketrampilan pemesinan yang meliputi : mengoperasikan mesin-mesin produksi baik mesin Manual maupun mesin CNC (Computer Numerical Control) , mesin Bubut, mesin Frais, mesin Sekrap, mesin Bor, mesin Gerinda Datar, mesin Gerinda Poros, mesin Gerinda Potong, mengasah alat-alat potong, Pengelasan dan Fabrikasi logam. Peserta didik juga dibekali dengan pengetahuan membaca dan menggambar dengan teknik manual maupun dengan CAD (Computer Aided Design). Pengenalan dan pengolahan bahan, mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, menggunakan perkakas tangan serta melakukan perhitungan dasar dan lanjut untuk diimplementasikan dalam praktek membuat benda kerja dan perlengkapan praktek oleh Guru Praktek ( Instruktor ) yang rata-rata tamatan S1 dan D4, juga ada yang sedang menempuh kuliah S2.

Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Bhinneka Karya Surakarta merupakan jurusan yang telah menjalin kerjasama dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (Magang)/ Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan bersertifikat .

 

Demikian sekilas informasi, moto dari Kompetensi Kejuruan Teknik Pemesinan adalah : CEPAT, TEPAT DAN EFISIEN .

Bengkel Bubut

Bengkel Pemesinan Bubut SMK Bhinneka Karya Surakarta memiliki Mesin Bubut Sejumlah 13 Unit yang semuanya siap digunakan untuk melaksanakan pengerjaan Pembubutan. Di Bengkel Bubut SMK Bhinneka Karya Surakarta Peserta Didik diajarkan untuk melakukan pekerjaan Membubut Rata, membubut Facing, Membubut Tirus, membubut Alur, membubut Ulir dan lain sebagainya. Dengan didampingi oleh guru guru yang profesional diharapkan peserta didik dapat menguasai pekerjaan tersebut dengan baik.

Bengkel Frais

Bengkel Pemesinan Frais SMK Bhinneka Karya Surakarta memiliki Mesin Frais Sejumlah 9 Unit yang semuanya siap digunakan untuk melaksanakan pengerjaan dengan mesin Milling. Di Bengkel Frais SMK Bhinneka Karya Surakarta Peserta Didik diajarkan untuk melakukan pekerjaan Membuat Roda Gigi, Membuat Alur, Membuat Benda Bertingkat, dll. Dengan didampingi oleh guru guru yang profesional diharapkan peserta didik dapat menguasai pekerjaan tersebut dengan baik.

Bengkel CNC

Bengkel CNC SMK Bhinneka Karya Surakarta Memiliki 2 Mesin CNC yang terdiri dari satu Mesin CNC Lathe dan Satu Mesin CNC Milling. Mesin CNC Lathe sendiri memiliki Spesifikasi Control Mach 3. Sedangkan CNC Milling menggunakan Control Siemens.

Bengkel Kerja Bangku

Bengkel Kerja Bangku SMK Bhinneka Karya Surakarta memiliki 40 unit meja dan ragum yang semuanya siap digunakan untuk melaksanakan pengerjaan kerja bangku. Di Bengkel Kerja Bangku SMK Bhinneka Karya Surakarta Peserta Didik di siapkan masing masing toolbox yang berisi satu set perlengkapan dan alat ukur yang digunakan dalam melakukan pekerjaan. Peserta didik diajarkan untuk melakukan pekerjaan Mengikir, Menggergaji, Mengukur, dll. Dengan didampingi oleh guru guru yang profesional diharapkan peserta didik dapat menguasai pekerjaan tersebut dengan baik.

Bengkel Las

Bengkel Las SMK Bhinneka Karya Surakarta Merupakan bengkel yang digunakan untuk untuk membuat produk produk pengelasan baik berupa baja maupun perpaduan baja dengan komponen lain. Biasanya pekerjaan pengelasan berdasarkan Pesanan yang diterima di SMK Bhinneka Karya Surakarta

LAB Desain CAD / CAM

Laboratorium Komputer Deain CAD CAM di SMK Bhinneka Karya Surakarta merupakan salah satu laboratorium unggulan yang ada di Teknik Pemesinan SMK Bhinneka Karya Surakarta. Terdiri dari 36 Set Komputer yang suport untuk mendukung pembelajaran peserta didik. DI lab ini peserta didik diajarkan bagaimana mendesain sebuah produk menggunakan komputer dan diajarkan pemrograman mesin CNC yang sangant menunjang di dunia industri saat ini.